Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah :
SMK PELITA BANGUNREJO
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : X/2
Pertemuan ke : 12-21
Alokasi Waktu : 22 jam x 45 menit
Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris
setara
Level Novice
Kompetensi Dasar : Memahami memo dan menu sederhana,
jadwal
perjalanan
kendaraan umum dan penerangan
rambu- rambu lalu lintas.
Indikator :
- Pesan ditulis dalam bentuk memo.
- Memo yang sudah ada dijelaskan dengan tepat.
- Tanda-tanda dan lambing rambu-rambu lalu lintas.
- Berbagai macam jadwal.
- Bentuk kata sifat dan keterangan.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat
memahami memo dan menu sederhana, jadwal perjalanan kendaraan umum dan
penerangan rambu-rambu lalu lintas.
Materi Pokok
- Samples of memo
- Samples of menu
- “P”, “S”, “No Smoking”
- Samples of time table
- Faster-fastest, etc.
- Reported speech
Metode Pembelajaran
- Penugasan
- Tanya Jawab
- Demonstrasi
Langkah-langkah Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
A.1. Apersepsi:
- Berdo’a dan salam
- Pembahasan PR
- Absensi siswa
A.2.
Motivasi :
- Perkenalan materi dan manfaatnya untuk memotivasi siswa.
- Menanyakan pada siswa materi yang belum dipahami dan mau
- ditanyakan atau dibahas kembali
B. Kegiatan Inti
B. 1.
Siswa diberikan penjelasan tentang materi pokok dan tujuannya.
B.2.
Siswa dibimbing untuk mengucapkan isi memo, menu, jadwal,
rambu dalam Bahasa Inggris dengan baik.
B.3.
Dengan bimbingan guru:
B.3.1 Siswa
mendiskusikan tentang hasil yang diperoleh.
B.3.2 Siswa
membuat kesimpulan dari kegiatan yang dilakukan.
B.3.3 Siswa
mengerjakan soal latihan dari buku sumber/modul.
B.3.4 Membahas
soal yang dianggap sulit oleh siswa.
C. Kegiatan akhir
C.1.
Membuat rangkuman tentang apa yang telah dipelajari.
C.2. Meminta siswa untuk menuliskan apa yang mereka
rasakan
selama
mengikuti kegiatan belajar.
C.3. Memberi PR dengan mengerjakan soal latihan dari buku
sumber.
Alat dan Sumber Belajar
- Fasilitas:
·
Kelas/lab
bahasa dan perlengkapannya
·
Peralatan
yang mendukung
B. Sumber Belajar:
·
Global
Access to the world of work
·
Modul
Bahasa Inggris HUP
·
English
Grammar in Use
·
Person
to person
·
Kamus
Inggris- Indonesia
Penilaian
- Prosedur : Tes awal, tes pengamatan/proses, tes akhir
- Jenis tes : Lisan dan tertulis
- Bentuk tes : Uraian
- Soal : Terlampir
- Skor Penilaian : Terlampir
- Kunci Jawaban : Terlampir
Soal
|
Question
a.
When
do employees do their best work?
b.
How
many things that you can do to increase the employees?
2.
Robi : What are going to have, Roni?
Roni : I think I’ll have …
|
Echa : What time is the bank open?
Ergi : …
|
|
It’s mean … It’s
mean …
5. a.
Andi’s English score is … than mine (best-better)
b.
Do you know where the … post office from here? (near)
6. a. Tom : I’m feeling ill.
Tom said that …
b.
Ann : Budi has bought a
new car.
Ann said that …
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
b. 4 things
b. You can’t stop
b. Nearest
b. Budi had bought a new car
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
|
Skor Maksimum
|
10
|
..... , Juli 2010
Mengetahui,
Kepala SMK PELITA BANGUNREJO Guru Mata Pelajaran,
........................................... ............................................
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah :
SMK PELITA BANGUNREJO
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/semester :
X/I
Pertemuan ke :
11-20
Alokasi Waktu
: 21 jamx45 menit
Standar
Kompetensi :
Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris
setara level novice.
Kompetensi
Dasar : Mendeskripsikan
ciri-ciri benda, orang, waktu,
hari,
bulan dan tahun.
Indikator :
- Bilangan digunakan dengan tepat dalam berbagai konteks
- Kata-kata dirangkai untuk mendeskripsikan benda berdasarkan warna, bentuk, asal, dsb.
- kata dirangkai untuk mendeskripsikan orang dari asal Negara, warga Negara dan bahasa
- kata-kata yang dirangkai untuk mendeskripsikan suatu kejadian berdasarkan waktu, hari. Bulan dan tahun.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat
mendeskripsikan ciri-ciri, benda, orang, waktu, hari, bulan, dan tahun.
Materi Pokok
- Ten, first, etc
- Plus, minus
- Adjective in series
- Nationality and language ( China – Chinese, Italy – Italian )
- So, too, neither, either
Metode Pembelajaran
- Penugasan
- Tanya Jawab
- Demonstrasi
Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Pendahuluan
A.1. Apersepsi:
·
Berdo’a
dan salam
·
Pembahasan
PR
·
Absensi
siswa
A.2. Motivasi :
·
Perkenalan
materi dan manfaatnya untuk memotivasi siswa.
·
Menanyakan
pada siswa materi yang belum dipahami dan mau ditanyakan atau dibahas kembali
B. Kegiatan Inti
B. 1. Siswa diberikan penjelasan tentang materi pokok dan tujuannya.
B.2. Siswa dibimbing untuk mengucapkan cirri-ciri benda, orang, waktu,
dsb dalam bahasa Inggris dengan baik.
B.3. Dengan bimbingan guru:
B.3.1. Siswa mendiskusikan
tentang hasil yang diperoleh.
B.3.2. Siswa membuat
kesimpulan dari kegiatan yang dilakukan.
B.3.3. Siswa mengerjakan soal latihan dari buku
sumber/modal.
B.3.4 Membahas soal yang dianggap sulit
oleh siswa.
C. Kegiatan akhir
C.1. Membuat rangkuman
tentang apa yang telah dipelajari.
C.2. Meminta siswa untuk
menuliskan apa yang mereka rasakan selama
mengikuti kegiatan belajar.
C.3. Memberi PR dengan
mengerjakan soal latihan dari buku sumber.
Alat dan Sumber Bahan
A. Fasilitas:
·
Kelas/lab
bahasa dan perlengkapannya
·
Peralatan
yang mendukung
B. Sumber Belajar:
·
Global
Access to the world of work
·
Modul
Bahasa Inggris HUp
·
English
Grammar in Use
·
Person
to person
·
Kamus
Inggris- Indonesia
Penilaian
·
Prosedur : Tes awal, tes
pengamatan/proses, tes akhir
·
Jenis
tes : Lisan dan
tertulis
·
Bentuk
tes : Uraian
·
Soal : Terlampir
·
Skor
Penilaian : Terlampir
Soal
1. a. Twenty first =……..
b. Thirty ninth = …….
2. twenty five …………. Five equal twenty
3.
five
…………….four…………………….two…………equal ten
4.
My
mother is reading (Indonesian, old, nice, one) novel………..
5.
Sony
has bought (new, a yellow, Japanese) car.
6.
Kaka
is from Brazil……………
He is ……………….
He speaks…………….
7.
Krisdayanti
has a …………………… hair and ……………… body.
8.
Mr.
Asep goes to Bali
Mrs. Lucy goes to Bali
9.
adit didn’t do the homework
Alan didn’t do the homework
10. Adit
did his homework
Alan didn’t do the homework
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
b. 39th
- Portuguese
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
|
Skor Maksimum
|
10
|
..... , Juli 2010
Mengetahui,
Kepala SMK PELITA BANGUNREJO Guru Mata Pelajaran,
........................................... ............................................
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah :
SMK PELITA BANGUNREJO
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/semester :
X/I
Pertemuan ke :
5-10
Alokasi Waktu :
12 jam x 45 menit
Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris
setara
Level Novice
Kompetensi dasar : Menyebutkan ciri-ciri benda,
orang, waktu, hari,
bulan,
dan tahun.
Indikator :
- Nama-nama benda dan kata yang mendeskripsikan warna, bentuk, asal ukuran, dsb.
- Kata-kata yang mendeskripsikan orang dilihat dari fisik, kualitas, atau sifat.
- Waktu, nama-nama hari/bulan, tahun disebutkan dengan tepat.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mendeskripsikan ciri-ciri, benda, orang,
waktu, hari, bulan, dan tahun.
Materi Pokok
- green, good, big, Chinese
- fat, tall, beautiful, smart
- six o’clock, ten to five
- Sunday, 1st of July, August, 2006
- Book-books, baby-babies
- Have-has
Metode Pembelajaran
- Penugasan
- Tanya Jawab
- Demonstrasi
Langkah-langkah Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
A.1. Apersepsi:
·
Berdo’a
dan salam
·
Pembahasan
PR
·
Absensi
siswa
A.2.
Motivasi :
·
Perkenalan
materi dan manfaatnya untuk memotivasi siswa.
·
Menanyakan pada siswa materi yang belum dipahami dan mau
·
ditanyakan
atau dibahas kembali
B. Kegiatan Inti
B. 1.
Siswa diberikan penjelasan tentang materi pokok dan tujuannya.
B. 2.
Siswa dibimbing untuk mengucapkan nama-nama benda, ciri-ciri
orang, waktu dalam bahasa Inggris
dengan baik.
B. 3.
Dengan bimbingan guru:
B.3.1. Siswa mendiskusikan tentang hasil yang diperoleh.
B.3.2 Siswa membuat kesimpulan dari
kegiatan yang dilakukan.
B.3.3 Siswa
mengerjakan soal latihan dari buku sumber/modul.
B.3.4 Membahas
soal yang dianggap sulit oleh siswa.
C. Kegiatan Akhir
C.1.
Membuat rangkuman tentang apa yang telah dipelajari.
C.2. Meminta siswa untuk menuliskan apa yang mereka
rasakan
selama
mengikuti kegiatan belajar.
C.3. Memberi PR dengan mengerjakan soal latihan dari buku
sumber.
Alat dan Sumber Belajar
A.
Fasilitas:
·
Kelas/lab
bahasa dan perlengkapannya
·
Peralatan
yang mendukung
B. Sumber Belajar:
·
Global
Access to the world of work
·
Modul
Bahasa Inggris HUP
·
English
Grammar in Use
·
Person
to person
·
Kamus
Inggris- Indonesia
Penilaian
·
Prosedur : Tes awal, tes
pengamatan/proses, tes akhir
·
Jenis
tes : Lisan dan
tertulis
·
Bentuk
tes : Uraian
·
Soal : Terlampir
·
Skor
Penilaian : Terlampir
·
Kunci
Jawaban : Terlampir
Soal
1.
All
of wheel is … in shape.
2.
Suci
got the good score for all subjects. She is a … girl.
3.
9.30
am : …
4.
I
see a lot of … (wolf)
5.
We
celebrate the independence day on …
6.
Lia
… a lot of friend, she is a kind girl. (have/has)
7.
Bima : Your bag looks good, what … is your
bag made from?
8.
Arjuna : It’s made from leather.
9.
He
has three … (watch)
10. Face that shaped like an egg is …
face.
11.We celebrate the Kartini’s day on
…, …
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
- thirty past nine
- 17th of
August
- 21st of
April
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
|
Skor Maksimum
|
10
|
..... , Juli 2010
Mengetahui,
Kepala SMK PELITA BANGUNREJO Guru Mata Pelajaran,
........................................... ............................................
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah :
SMK PELITA BANGUNREJO
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/semester :
X/I
Pertemuan ke :
1-4
Alokasi Waktu :
9 jam x 45 menit
Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris
setara
Level
Novice
Kompetensi Dasar : Memahami ungkapan-ungkapan dasar
pada
interaksi
sosial untuk kepentingan kehidupan.
Indikator :
- Ucapan salam pada saat bertemu dan berpisah
- Memperkenalkan diri sendiri dan orang lain
- Berbagai ungkapan terima kasih dan responnya
- Berbagai ungkapan penyesalan dan permintaan maaf serta responnya
Tujuan Pembelajaran
Siswa bisa
memahami dan dapat menggunakan ungkapan-ungkapan dasar dengan tepat pada
interaksi sosial untuk kepentingan kehidupan.
Materi Pokok
- Good morning, how are you?
- May I introduce my self?
- Thank you, you’re welcome.
- I’m sorry for …
- I – my – she – her
- To be and Verb I
- These, that, etc.
Metode Pembelajaran
- Penugasan
- Tanya Jawab
- Demonstrasi
Langkah-langkah Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
A.1. Apersepsi:
·
Berdo’a
dan salam
·
Pembahasan
PR
·
Absensi
siswa
A.2.
Motivasi :
·
Perkenalan
materi dan manfaatnya untuk memotivasi siswa.
·
Menanyakan
pada siswa materi yang belum dipahami dan mau ditanyakan atau dibahas kembali.
B. Kegiatan Inti
B. 1.
Siswa diberikan penjelasan tentang materi pokok dan tujuannya.
B. 2. Siswa membuat kesimpulan dari
kegiatan yang dilakukan.
B. 3. Siswa mengerjakan soal latihan
dari buku sumber/modul.
B. 4. Membahas soal yang dianggap
sulit oleh siswa.
C. Kegiatan Akhir
C.1.
Membuat rangkuman tentang apa yang telah dipelajari.
C.2. Meminta siswa untuk menuliskan apa yang mereka
rasakan
selama
mengikuti kegiatan belajar.
C.3. Memberi PR dengan mengerjakan soal latihan dari buku
sumber.
Alat dan Sumber Belajar
A.
Fasilitas:
·
Kelas/lab
bahasa dan perlengkapannya
·
Peralatan
yang mendukung
B. Sumber Belajar:
·
Global
Access to the world of work
·
Modul
Bahasa Inggris HUP
·
English
Grammar in Use
·
Person
to person
·
Kamus
Inggris- Indonesia
Penilaian
·
Prosedur : Tes awal, tes pengamatan/proses,
tes akhir
·
Jenis
tes : Lisan dan tertulis
·
Bentuk
tes : Uraian
·
Soal : Terlampir
·
Skor
Penilaian : Terlampir
·
Kunci
Jawaban : Terlampir
Soal
1.
Complete
these dialogue!
2.
Mr.
Sheva is visiting Mr. Kaka’s office at 9 am. What should Mr. Kaka’s secretary
say to greet Mr. Sheva?
3.
………………………………………………………………………….
4.
b. Echa :
Good Afternoon, Ergi. How are you?
5.
Ergi
: ……………………………………...
6.
Echa : Nice to meet you.
7.
Ergi : ……………………………………...
8.
Toni
is in class B, and Tono is in class A. … studying at SMKN 8.
9.
Sarah : Hi, my name is Sarah, and you?
10. Ayu :
Hi, …..
11. We have two cats, … cats are very
funny.
12. She … at the supermarket everyday.
(work)
13. Look! … is my teacher.
14. Budi :
Congratulation on your new job, Andi.
15. Andi :
……………………………………….
16. Budi :
You’re welcome.
17. 8.
Astri : You broke my glass.
18. Suzy :
……………………
19. 9.
Linda : How do you do?
20. Roy :
……………….
21. I live in Bandung, … phone number is 5409661.
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
- nice to meet you too
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
|
Skor Maksimum
|
10
|
..... , Juli 2010
Mengetahui,
Kepala SMK PELITA BANGUNREJO Guru Mata Pelajaran,
........................................... ............................................
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah :
SMK PELITA BANGUNREJO
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/semester :
X/I
Pertemuan ke :
21-32
Alokasi Waktu :
22 jam x 45 menit
Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris
setara
Level Novice
Kompetensi Dasar : Menghasilkan tuturan sederhana
yang cukup
untuk fungsi-fungsi dasar.
Indikator :
- Ungkapan penyesalan dan permintaan maaf serta responnya
- Ungkapan simpati dan responnya
- Ungkapan berbagai perasaan
- Ungkapan permintaan dan pemberian izin
- Ungkapan perintah dan permintaan
- Ungkapan penawaran barang dan jasa
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menghasilkan tuturan
sederhana yang cukup untuk fungsi-fungsi dasar.
Materi Pokok
·
I’m
sorry to hear that
·
Happy,
sad
·
Boring
– bored
·
May
I …?
·
V1
+ Object! / V1 + articles!
·
Would
you like to + V1?
Metode Pembelajaran
·
Penugasan
·
Tanya
Jawab
·
Demonstrasi
Langkah-langkah Pembelajaran
B.
Kegiatan
Pendahuluan
A.1. Apersepsi:
·
Berdo’a
dan salam
·
Pembahasan
PR
·
Absensi
siswa
A.2. Motivasi :
·
Perkenalan
materi dan manfaatnya untuk memotivasi siswa.
·
Menanyakan
pada siswa materi yang belum dipahami dan mau ditanyakan atau dibahas kembali
B. Kegiatan Inti
B. 1.
Siswa diberikan penjelasan tentang materi pokok dan tujuannya.
B. 2.Siswa dibimbing untuk mengucapkan tuturan sederhana
dalam bahasa Inggris dengan baik.
B. 3. Dengan bimbingan guru:
B.3.1. Siswa
mendiskusikan tentang hasil yang diperoleh.
B.3.2 Siswa
membuat kesimpulan dari kegiatan yang dilakukan.
B.3.3 Siswa
mengerjakan soal latihan dari buku sumber/modul.
B.3.4 Membahas
soal yang dianggap sulit oleh siswa.
C. Kegiatan Akhir
C.1.
Membuat rangkuman tentang apa yang telah dipelajari.
C.2. Meminta siswa untuk menuliskan apa yang mereka
rasakan
selama
mengikuti kegiatan belajar.
C.3. Memberi PR dengan mengerjakan soal latihan dari buku
sumber.
Alat dan Sumber Belajar
A.
Fasilitas:
·
Kelas/lab
bahasa dan perlengkapannya
·
Peralatan
yang mendukung
B. Sumber Belajar:
·
Global
Access to the world of work
·
Modul
Bahasa Inggris HUP
·
English
Grammar in Use
·
Person
to person
·
Kamus
Inggris- Indonesia
Penilaian
·
Prosedur : Tes awal, tes
pengamatan/proses, tes akhir
·
Jenis
tes : Lisan dan
tertulis
·
Bentuk
tes : Uraian
·
Soal : Terlampir
·
Skor
Penilaian : Terlampir
·
Kunci
Jawaban : Terlampir
Soal
1. Candra :
My mother was sick and she is in the hospital.
Eri :
………………………………………………
2. Imam :
I … in my English test.
Samudera :
Don’t worry, you can follow the remedial test.
3.
Children
often become … at meeting. (bored – boring)
4.
Our
neighbor appear … after their vacation (relaxed – relaxation)
5.
I
feel … because I have passed the interview.
6.
My
sister felt so … when she found out her lost wallet.
7.
you
want to come in the classroom, what do you say?
8.
You
want to write something, what do you say?
Do you mind …
9.
This
room is dark, … the light!
10. You offered someone to read a
newspaper, what do you say
Would …
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
|
Skor Maksimum
|
10
|
..... , Juli 2010
Mengetahui,
Kepala SMK PELITA BANGUNREJO Guru Mata Pelajaran,
........................................... ............................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar